(Refleksi)Sejarah matematika dan munculnya gerakan renaissance

| Senin, 09 Januari 2017

Sejarah Matematika
Dosen : Bapak Dr. Kusaeri, M.Pd

1.      Yunani
a.       Masuk melalui kegiatan penerjemahan
b.      Tersebarnya ilmu pengetahuan Yunani ke dunia Muslim di Timur dikarenakan adanya doktrin gereja yang dianut orang Kristen Ortodoks
c.       Sehingga para Ilmuwan dikucilkan dan dipaksa untuk berpindah ke kebudayaan lain
d.    Para ilmuwan pindah ke Negara Arab dan Persia dengan membawa warisan ilmu pengetahuan terutama filsafat dan matematika
2.      Babilonia
a.       Matematika Yunani memngaruhi perkembangan matematika di Babilonia dan Mesir
b.      Karya matematika Babilonia digunakan dalam masalah pembuatan kalender astronomi serta pengukuran tanah
c.  Kegiatan pengukuran tanah menunjukan pada saat itu pengetahuan matematika tentang aritmatika telah berkembang
3.      Mesir
a.       Karya matematika Mesir digunakan dalam melakukan pengukuran terhadap pasang surutnya Sungai Nil dan pengukuran sawah
b.      Dari kegiatan ini ide matematika tentang geometri pun muncul
c.  Akan tetapi bangsa Mesir belum mengembangkan geometri, Bangsa Yunani lah yang mengembangkan geometri
d.   Matematika Yunani masuk ke Mesir melalui interaksi sosial orang-orang Kristen dengan masyarakat Mesir
e.       Alexandria yang menjadi pusat umat Kristen mengembangkan ilmu pengetahuan Yunani

4.      Persia
a.       Ilmu pengetahuan di Persia telah berkembang sebelum Islam datang
b.      Ketika tradisi pemikiran Yunani di Eropa telah meredup para cendekiawan Syiria, Alexandria dan Yunani mendapat perlindungan dari Raja Anushirwan di Persia untuk melestarikan, penyempurnaan dan menyebarkan ilmu pengetahuan
c.       Fasilitas pun diberikan untuk mengadaptasi ilmu-ilmu dari Babilonia dan India terutama music, astronomi dan matematika



Sejarah Matematika
Penyebab Munculnya Gerakan Renaissance
Dosen : Bapak Dr. Kusaeri, M.Pd

a.       Gerakan renaissance
Abad pertengahan di Eropa Barat disebut dengan istilah The Dark Ages atau zaman kegelapan atau zaman kebodohan. Istilah ini menggambarkan kondisi dan situasi Eropa yang mengalami kemerosotan kegiatan intelektual dan ilmu pengetahuan.
b.      Para tokoh gereja mengambil sikap untuk :
1.      Membakar perpustakaan di Alexandria
2.      Menutup sekolah filsafat di Athena
3.      Membuat karangan membaca karya-karya para ilmuwan Yunani
c.   Sikap tersebut diambil untuk kepentingan penguasa agar tidak ada perlawanan yang muncul akibat kedzaliman mereka
d.      Para ilmuwan yang melanggar aturan akan disiksa bahkan dihukum mati
e.       Kondisi ini membuat sebagian ilmuwan melarikan diri ke Negara Islam di Timur
f.       Di Negara Timur terjadi penyebaran kebudayaan klasik di Dunia Islam yang kemudian ditransformasikan ke Dunia Barat
g.      Akan tetapi pada abad ke-11 kekuasaan umat Islam di Andalusia mengalami kemunduran dan umat Kristen memperoleh kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan yang diwarisi umat islam
h.     Peralihan perkembangan ilmu pengetahuan dimulai ketika Kota Toledo direbut Raja Alfonso VI sehingga hilanglah pusat sekolah tertinggi di ilmu pengetahuan
i.        Kota Cordoba sebagai pusat kegiatan intelektual jatuh ke tangan Raja Alfonso VII sehingga hilang pula pusat kebudayaan Islam di Barat
j.     Baghdad sebagai pusat peradaban islam di Dunia Timur juga mengalami kehancuran akibat serangan dari tentara Mongol dan perlahan wilayah-wilayah penaklukan terdahulu mengalami kehancuran
k.    Bangsa Mongol menghancurkan kota-kota dan tempat-tempat pendidikan, pembantaian guru dan ilmuwan matematika
l.        Efek yang sama juga diradsakan umat islam dengan adanya perang salib
m.    Bagi Dunia Barat perang salib menjadi jembatan pertukaran budaya dan mengalirnya ilmu pengetahuan dari Dunia Timur
n.      Pasukan salib yang kembali ke Eropa membawa produk peradaban Islam berupa buku-buku ilmiah
o.    Pada abad ke-14 bangsa Eropa ingin membebaskan diri dari zaman kegelapan dengan melakukan revolusi intelektual
p.    Seiring dengan kemunduran yang dialami Umat Islam, bangsa Eropa bangkit mengejar kemajuan peradaban dan ilmu pengetahuan melalui gerakan renaissance
q.      Renaissance menjembatani abad pertengahan dengan zaman modern
r.        Renaissance dimulai di Italia kemudian menyebar keseluruh Eropa, karena
1.   Italia satu-satunya Negara yang tidak mengalami dampak buruk akibat peperangan melawan Umat Islam
2.      Italia tidak terhubung langsung dengan Negara-negara yang dikuasai Umat Islam, sehingga dapat dikatakan perekonomian Eropa tetap stabil
s.       Kebangkitan intelektual dalam bidang matematika di Eropa di dukung dengan adanya
1.      Para pemuda yang menuntut ilmu ke perguruan tinggi pada masa keemasan Islam
2.      Menyerapan ilmu pengetahuan karya matematikawan muslim melalui gerakan penerjemahan
t.     Di Toledo didirikan sekolah tinggi terjemahan yang dipimpin oleh Raymon untuk memudahkan penyerapan ilmu-ilmu Arab
u.      Penerjemah-penerjemah di Baghdad yang menguasai Bahasa Arab, Yahudi, Spanyol dan Italia berpindah ke Toledo






edit

1 komentar:

Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.

logaritma

Translate

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content mathematic holic