pandangan filsafat pendidikan matematika mengenai Absolutis progresif dan Platonisme & aliran konvensionalisme dan aliran empirisme dalam filsafat pendidikan matematika

| Senin, 02 Januari 2017


pandangan filsafat pendidikan  matematika
mengenai Absolutis progresif dan Platonisme
MATERI :
1.   Pandangan absolutis dalam pengetahuan matematika adalah terdiri dari kebenaran tertentu dan unchallengeable (tidak dapat ditantang)
2.   Hal ini kontras dengan Absolutis progresif yang lebih memandang (dari sudut pandang aliran absolutis) matematika sebagai akibat dari upaya manusia untuk mencari kebenaran dari pada hasilnya
3.   Platonisme adalah pandangan bahwa objek matematika memiliki eksistensi objektif yang nyata dalam beberapa wilayah ideal
4.   Kelebihan Aliran Platonisme :
~ Platonisme dengan jelas memberikan pemecahan terhadap persoalan objektifitas matematika.
~ Platonisme mencakup baik benarnya dan eksistensi objeknya sebagaimana juga kemandirian     matematika yang memiliki hukum dan logika sendiri
5.   Kelemahan Aliran Platonisme
Aliran ini tidak mampu memberikan deskripsi yang tepat untuk matematika baik secara internal atau eksternal. Karena aliran ini tidak dapat memenuhi persyaratan diatas, platonisme ditolak sebagai filsafat matematika

ESENSI :
11. Pemakalah sangat jelas dalam mempresentasikan
22. Bagus dalam menyampaikan materi pada audien
33. Setiap anggota aktif
44. Bapak Dr. Kusaeri, MPd. Senang karena ada peningkatan, harus ada perkembangan, kelompok 7 percaya diri karena calon seorang guru
55. Inovatif dengan adanya permainan soal
66. Pada saat permainan soal terjadi kendala yakni karena tempat duduk audien berbentuk U dan pada satu sisi terdapat dua baris tempat duduk sehinga menyulitkan dalam berpindahnya media permainan
77.  Lagu dalam permainan kapanjangan, akhirnya pada permainan ketiga lagu diganti.
88.  Jagan sampai membelakangi guru 
99. Terdapat dua pertanyaan yaitu dari Arinda dan Rigita
1.      Pertanyaan Arinda yaitu mangapa pada Plato menganggap Matematika itu Real?
2.      Pertanyaan Rigita yaitu oleh togo godel, bilangannya abstrak dan penjelasannya real itu bagaimana dan contohnya?
Jawaban
1.      Karena plato berpendapat, lalu masuk ke dalam kelemahannya ditolak. Di aliran ini hanya pendapat-pendapat nya saja serta tidak mampu mendeskripsikan secara jelas di internal dan eksternal
2.      Sebagai pengusung plato di modern saat ini sebenarnya plato bersifat real bilangannya abstrak, seperti pendapat yang lain bilangannya abstrak karena aliran ini ditolak maka kami tidak memberikan contoh.


aliran konvensionalisme dan aliran empirisme
dalam filsafat pendidikan matematika

MATERI :
1.       Konvensionalisme adalah konsep yang berdasarkan ketentuan yang telah disepakati
2.      Peranan aliran konvensionalisme dalam pendidikan matematika :
Dalam aliran ini, menerapkan logika mengenai kebenaran-kebenaran dan prinsip-prinsip logika yang merupakan konvensi-konvensi yang disepakati mengenai titik mulai dan bagaimana meneruskan metode konsep yang menjadi dasar utama dalam sistem logika.
3. Empirisme adalah Pandangan empiris tentang pengetahuan matematika (“empirisme naif” untuk membedakannya dengan “empirisme kuasi”) yang menyebutkan bahwa kebenaran matematika adalah generalisasi empirik (pengamatan).
4.       Peranan aliran empirisme dalam pendidikan matematika :
kebenaran matematika adalah generalisasi empirik (pengamatan).



ESENSI :
1.      Pemakalah jelas dalam menyampaikan materi
2.      Inovatif
3.      Permainan soal yang lain dari pada kelompok lain, yakni “Rumah Ilmu” dengan media tradisional yang begitu bagus dan disertai dengan dadu.
4.      2 pertanyaan dari audien
1.      Mengapa matematika dapat keliru pada aliran empirisme kuasi? Karena pendapat dari Laktos bahwa saat melakukan pengamatan tapi tidak sesuai dengan dasarnya, maka pengamatan itu salah
2.      Mengapa empirisme kuasi dapat keliru aktivitas? Karena pada saat penelitian ada kesalahan,
3.      dll...

edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.

logaritma

Translate

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content mathematic holic