Aliran Kontraktivisme dan Formalisme
|
Jumat, 23 Desember 2016
Aliran Kontraktivisme
Kesimpulan:
1.
Matematika dijuluki dengan “Queen
of Science”
2.
Filsafat adalah suatu pandangan
kritis mendalam dan dibahas sampai ke akar-akarnya
3.
Filsafat pendidikan adalah
pelaksana pandangan falsafah dalam bidang pendidikan
4.
Kontruktivisme berasal dari dua
kata yaitu Kontraktiv yang artinya membangun dan Isme yang artinya suatu paham
atau aliran
5.
Kontruktivisme adalah suatu aliran
filsafah pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita merupakan hasil
konstruksi kita sendiri.
6.
Asimilasi yaitu penyempurnaan
skema
7.
Akomodasi adalah merubah skema
yang sudah ada dan harus dibentuk skema yang baru.
8.
Prinsip-prinsip kontraktivisme
a.
Berfungsi untuk refleksi kritis
dalam pembahasan pendidikan manusia
b.
Peserta didik aktif
c.
Tekanan pada pembelajaran pada
peserta didik
d.
Mengajar membantu siswa
e.
Proses bukan hasil
f.
Partisipasi peserta didik
g.
Guru sebagai fasilitator
9.
Ciri-ciri kontraktivisme
a.
Pengetahuan
b.
Mengingatkan pada pembelajaran
dengan pengalaman
c.
Pusat pembelajaran ialah siswa
berpikir (pusat internalisasi)
10.
Implikasi/penerapan aliran
kontraktivisme
a.
Aktivitas exposition/pemaparan
b.
Discussion
c.
Practical work
d.
Consolidation (pemantapan/pengajaran
soal)
e.
Problem solving
f.
Investigation/penyelidikan
11.
Kelebihan aliran Kontraktivisme
a.
Membangun pengetahuan
b.
Suasana belajar menyenangkan
c.
Aktif dan kritis
12.
Kelemahan aliran Kontraktivisme
a.
Ketergantungan pada waktu lama
b.
Ketidakseimbangan antar siswa
c.
Terdapat sifat egoisme
2. ESENSI:
1.
Teman-teman aktif mendengarkan dan
menulis point-point
2.
Pemakalah mempresentasikannya
dengan jelas
3.
Penjelasan dari Bapak Dr, Kusaeri,
M.Pd.
a. Latar belakang adalah apa yang
membuat pembaca akan tertarik untuk mengikuti bahasan
b. Hindari menulis di papan tulis
c. Menggunakan gaya foot note
d. Hindari sumber-sumber yang berasal
dari blog karena belum tahu benar atau salahnya karena blog adalah pendapat sendiri.
ALIRAN FORMALISME
Kesimpulan
Pengertian ini diberikan oleh
Bapak Dr. Kusaeri, M.Pd. yaitu aliran formalisme adalah memandang bahwa
matematika tidak masalah jika tidak nyambung pada hidup masyarakat (tidak ada
sangkut pautnya dengan kehidupan
ESENSI
1.
Saat pemakalah mempresentasikan
kurang jelas
2.
Penampilan kelompok pertama lebih
baik dari pada kelompok ini
3.
Dari pemakalah kelompok ini bisa
jadi acuan untuk kelompok-kelompok lain untuk lebih baik
4.
Pemakalah sudah berusaha untuk
menjelaskan kepada teman-temannya tau audien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar